KARAKTER

KARAKTER  (7 Sikap Produktif )

Tidak mungkin kita akan mendapat peluang dan mencapai tujuan tanpa diawali dengan langkah pertama dan mustahil ada langkah pertama tanpa keberanian dalam berpikir, mengambil keputusan dan bertindak. Maka sikap produktif berani menjadi elemen karakter pertama yang penting dimiliki pemenang . Sejatinya sukses itu juga berangkat dari sekian kali kegagalan dan kegagalan, disini peran semangat pantang menyerah dan kesabaran menjadi elemen karakter kedua dan ketiga yang penting.

Sebagai homo socius atau makhluk sosial, manusia tidak bisa lepas dari pengaruh orang-orang yang hadir di lingkungan terdekatnya, khususnya keluarga dan umumnya teman-temannya. Keluarga dan teman–teman bisa memberikan pengaruh baik atau pun pengaruh buruk kepada seseorang.

 Rasulullah Muhammad SAW bersabda bahwa siapa yang berteman dengan penjual minyak wangi maka dia minimal akan terkena bau harum dari minyak wangi itu. Sebaliknya, siapa yang berteman dengan pandai besi, maka ia minimal akan terkena bau asap yang dipakai dalam proses membuat besi.

Maka pilihlah teman-teman yang memiliki akhlaq dan budi pekerti yang baik. Sebaliknya, berhati-hatilah dengan keluarga dan teman-teman yang memiliki pengaruh yang buruk. Dalam konteks ini, Sikap produktif jujur, dan amanat merupakan elemen karakter ke-empat

Bersikap jujur dalam setiap aktivitas dan interaksi dengan orang lain, maka kita akan cenderung mudah bekerjasama dalam membangun hubungan yang harmonis, efektif, dan produktif dengan berbagai pihak, termasuk dalam hubungan bisnis dan bersosialisasi

Sikap jujur tidak dapat ditarik terpisah dari sikap amanah. Seseorang yang bersikap jujur cenderung lebih mudah memenuhi dan memegang janji serta mudah dipercaya oleh semua pihak. kegiatan bisnis atau usaha yang kita lakukan, tidak akan bertahan lama jika dilandasi oleh sikap ketidakjujuran dan kemunafikan . Kegiatan bisnis yang merugikan orang lain, membohongi atau menipu hanya berusaha menggali kuburannya sendiri.

Sikap produktif profesional merupakan elemen karakter ke lima yang mencerminkan keseriusan dalam melakukan setiap pekerjaan, dapat terukur disertai pertanggungan jawab atas hasil yang dicapai.

 Ario Aktifpreneur

 

Skills

Posted on

May 19, 2016

Leave a Reply